FTC AS Menyatakan Pembatasan Perbaikan yang Diberlakukan Produsen Berdampak pada Hak Konsumen, Dan Usaha Kecil

On Mei 10, 2021 at 5:06 am

Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) telah menyampaikan laporan yang memeriksa masalah perlindungan konsumen dan antitrust yang berkaitan dengan pembatasan perbaikan yang diberlakukan produsen, terutama di industri ponsel dan mobil. Pembatasan perbaikan ini termasuk menggunakan perekat yang menyulitkan penggantian suku cadang, membuat perangkat lunak diagnostik tidak tersedia, dan membatasi ketersediaan suku cadang. Pembatasan perbaikan ini merugikan usaha kecil serta berdampak pada hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Garansi Magnuson-Moss. Ini juga menyatakan tindakan yang dapat diambil FTC dalam beberapa kasus praktik anti-perbaikan.

Laporan FTC AS yang disampaikan kepada Kongres menyebutkan bahwa telah menjadi semakin sulit untuk memperbaiki dan memelihara banyak produk konsumen karena mereka sering membutuhkan alat khusus, akses ke perangkat lunak diagnostik milik, atau memiliki bagian yang sulit diperoleh. Ini tidak hanya membuat hampir mustahil bagi konsumen untuk memperbaiki ponsel atau perangkat lain mereka, tetapi juga membatasi kemampuan toko perbaikan kecil untuk memperbaiki masalah dengan perangkat. Praktik anti-perbaikan oleh produsen, terutama dalam industri ponsel dan mobil, melanggar Undang-Undang Garansi Magnuson-Moss yang mengatur jaminan produk konsumen.

Laporan ini juga menyebutkan bahwa banyak usaha kecil milik hitam berada di industri perbaikan dan pemeliharaan dan praktik anti-perbaikan ini dapat secara tidak proporsional mempengaruhi usaha kecil yang dimiliki oleh orang-orang kulit berwarna. Mengutip sebuah penelitian, laporan tersebut menyatakan orang Amerika berpenghasilan rendah lebih cenderung bergantung pada smartphone dan komunitas-komunitas ini terkena dampak buruk dari pembatasan perbaikan pada smartphone.

Produsen sering menggunakan perekat di bagian ponsel, atau produsen laptop seperti baterai tongkat Microsoft dan panel layar menggunakan perekat yang membuatnya sulit diganti. Beberapa produsen membuat perangkat lunak diagnostik mereka tidak tersedia sehingga pelanggan dan kadang-kadang bahkan memperbaiki toko tidak dapat memahami apa masalahnya dan dipaksa untuk membawa perangkat ke produsen. Dalam beberapa kasus, produsen ponsel dan mobil membatasi ketersediaan suku cadang yang memaksa konsumen untuk memesan suku cadang langsung dari manufaktur yang mengarah ke waktu tunggu yang lebih lama atau biaya yang lebih tinggi.

Manufaktur mengklaim, sesuai laporan, bahwa pembatasan perbaikan ini diberlakukan untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan mencegah cedera. Mereka juga mengklaim bahwa pembatasan ini mencegah kerusakan reputasi yang mungkin disebabkan oleh perbaikan yang buruk dari toko perbaikan kecil, membuat mereka bertanggung jawab. Untuk melawan poin-poin ini, FTC mencatat bahwa produsen mungkin memperburuk masalah keamanan dengan “tidak membuat suku cadang dan manual tersedia untuk individu dan toko perbaikan independen, dan tidak menyertakan informasi dalam manual ini tentang bahaya perbaikan tertentu.”

Article: FTC AS Menyatakan Pembatasan Perbaikan yang Diberlakukan Produsen Berdampak pada Hak Konsumen, Dan Usaha Kecil - Author: admin - Rate: 4.5